PT. FYFE FIBRWRAP INDONESIA

Perbaikan Struktur Gedung

Perbaikan struktur  pada gedung, khususnya pada perkuatan struktur menggunakan Tyfo Fiberwrap, dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas struktur balok, plat, dan kolom.

Keuntungan Perkuatan Struktur Jembatan

  • Meningkatkan beban layanan
  • Perkuatan terhadap gempa
  • Memperpanjang kerusakan karena penggunaan
  • Memperpanjang masa layanan

Perbaikan serta perkuatan dilakukan dengan berbagai pertimbangan misalnya

Kesalahan Perencanaan

Spesifikasi Pembebanan
Spesifikasi Material
Design Regulation
Kesalahan Gambar Rencana

Karena Faktor Pemakaian

Overloading
Perubahan fungsi bangunan
Pengaruh lingkungan / korosi
Faktor Usia Bangunan
Perawatan yang tidak memadai

Kesalahan saat Proses kontruksi

Kesalahan Saat Pengecoran
Selimut Beton yang kurang
Proses Curing tidak bena
Lemahnya Quality control
Lemahnya pengawasan lapangan

Coulum

Perkuatan dgn FRP pada kolom dilakukan yang disebabkan oleh:
Kesalahan Perencana,Korosi,Peningkatan,Beban bangunan,Mutu Beton yang turun

Balok /Beam

Perkuatan serta perbaikan pada struktur dapat meningkatkan kapsitas struktur yang diakibat-kan adanaya peningkatkan beban rencana.
Mutu beton yang tidak sesuai dengan rencana, kesalah dalam pemasangan tulangan baja dan juga akibat dari kerusakan gempa.

Slab/plat

Kerusakan beton biasanya terjadi karena adanya kesalahan dalam pelaksana struktur, pengaruh iklim dan suhu, perubahan fungsi dari beton, terjadinya bencana alam, atau sudah dimakan usia. Untuk itulah perlu dilakukannya perba-ikan beton/concrete repair merupakan suatu cara untuk mengembalikan kekuatan dan fungsi beton menjadi semula.

Persiapan Permukaan

Semua material finishing seperti plasteran dan coatiang harus dihilangkan dari permukaan beton, permukaan beton yang tidak rata atau bergelombang harus diratakan dengan metode grinding, permukaan beton yang berlubang harus diisi dengan material cementious non srink atau epoxy modified material.

Pencampuran Epoxy

Kelembaban dan suhu epoxy pada saat pencampuran adalah 10oC dan 38oC 2. Komponen epoxy harus dicampur dengan proporsi Parts A : Part B ; 100 : 34,5 diaduk dengan mixer berkecepatan rendah selama 3-5 menit

Priming Permukaan Beton

Priming dengan epoxy pada seluruh permukaan balok beton.

Saturasi FRP (Tyfo SEH-51A)

  • Potong  Lembaran Tyfo SEH-51A sesuai dengan kebutuhan permukaan beton yang akan diperkuat.
  • Saturasi antara Tyfo SEH-51A dan Epoxy harus dilakukan secara berhati hati dan terukur dan Tyfo SEH-51A yang sudah dibasahi dengan Epoxy harus ditempatkan ditempat yang khusu.
  • Tyfo SEH-51A yang sudah disaturasi dengan epoxy diwrapping layer per layer pada permukaan beton yang sudah dipriming terlebih dulu dengan epoxy.

Curing & Finishing

Curing Time

Waktu pengeringan Komposit Carbon (Tyfo SEH-51A) harus sesuai dengan ketentuan produsen dan biasanya antara 48 – 72 jam tergantung pada kondisi kelembaban udara ,temperatur pada saat masa pengeringan harus sesuai dengan ketentuan produsen, permukaan komposit harus mempunyai ketebalan dan kepadatan yang sama dan antar layer harus melekat dengan baik, hal ini ditunjukan dengan tidak adanya celah atau cekungan/udara didalam Komposit Carbon (Tyfo SEH-51A).

Finishing

Setelah aplikasi, permukaan Komposit Carbon (Tyfo SEH-51A) dimungkinkan untuk dikeramik atau diplester. Jika hal ini dinginkan, butiran pasir harus ditaburkan pada permukaan Komposit Carbon (Tyfo SEH-51A) yang masih basah dan setelah 24 jam bisa diplester. hal ini dilakukan untuk mendapatkan kelekatan yang baik antara permukaan komposit dan plesteran.

Our Services

Perbaikan Struktur Gedung

Perbaikan Struktur Jembatan

Composite Warping Pada Jetty & Dermaga

Perbaikan Pipa & Aplikasi Industri

Perbaikan Beton/Concrete Repair

Karawaci Office Park

Jl. Pintu Besar Blok H No 26.
Tlp: 021-5576 3933 Fax: 021 5573 1270
Telp/Whatsapp: 0811 9272 111 (Hengky Wijaya)
Email: [email protected]